Thursday 14 June 2012

Eksis dengan Berbisnis Roti


Anda mungkin tahu tentang Roti Ganep dan Mirota Bakery, dua nama ini adalah produsen roti yang hingga kini tetap eksis meski sudah berganti generasi dari pendirinya. Roti Ganep merayakan ulang tahun ke 130 tahun sedangkan Mirota Bakery sudah masuk ke generasi ketiga. Hal ini membuktikan bahwa usaha pembuatan roti adalah usaha yang dapat dijalankan tanpa mengenal musim atau trend. Permintaan akan roti akan tetap ada meski harus selalu mengadakan inovasi produk agar masyarakat tidak bosan dengan produk yang ada.

Roti memang bukanlah makanan pokok bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Meski demikian penggemar makanan roti tidak dapat dipandang sebelah mata karena ternyata konsumen roti ada dimana-mana hingga kampung-kampung atau perumahan. Coba lihat saja para penjaja roti yang senantiasa berkeliling tiap pagi hari atau sore hari yang senantiasa berkeliling menjajakan dagangannya. Seringkali saat kita ingin menikmati roti tertentu yang kemudian kecewa saat abang penjual roti lewat karena roti yang kita inginkan ternyata sudah habis, hal ini menandakan bahwa roti ada banyak peminatnya.

Bisnis usaha sebagai produsen roti atau bakery juga layak untuk dicoba karena permintaannya yang terus naik karena masyarakat kita semakin gemar mengkonsumsi roti.  Sebagai usaha laba yang ditangguk juga tidak kecil  bahkan untuk penikmat roti kelas premium harga sepotong roti tidaklah murah bahkan kalau kita tengok di kota Bandung bejibun bakery-bakery kelas premium yang laris dan senantiasa inovatif dengan produk roti-roti terbaru.

Berwirausaha roti tentu harus paham teknis dasar membuat roti yang enak dan lembut. Ada anggapan bahwa membuat roti dari home industri sangat sulit menyamai kualitas roti dari bakery. Namun saat ini ada banyak pihak yang ikut concern membantu kesuksesan baik bakery atau produsen roti kelas home industry. Banyak suplier bahan roti yang mempunyai tim baker yang siap membantu mitra-mitra mereka dalam berinovasi dan memproduksi roti. Banyak teknik yang dapat dipelajari dari tim baker tersebut disamping dukungan peralatan pembuatan roti yang  semakin canggih dan menjamin kualitas roti yang dihasilkan akan enak.

Sedangkan untuk bahan dasar roti ada beberapa bahan yang perlu diketahui yaitu :
1. Tepung terigu yang berprotein tinggi berfungsi sebagai kerangka roti
2. Ragi yang berfungsi sebagai bahan pengembang roti
3. Gula sebagai bahan pemberi rasa dan warna roti
4. Telur sebagai bahan pelembut roti dan melemaskan adonan
5. Mentega dan margarin
6. Garam yang berfungsi memperkuat gluten dan memberi rasa gurih
7. Bahan tambahan lain seperti bread improver agar menjaga kualitas roti tetap tahan lama

Sedangkan teknik membuat roti bisa dipelajari melalui buku-buku ataupun kursus roti. Bagi yang masih awam tentang dunia roti memang disarankan untuk mengikuti kursus kue karena selain pengetahuan teknis juga networking perlu dibangun. Berikut ini ada beberapa tempat kursus kue yang direkomendasikan oleh tabloid
Biztrend :

Fortuna Kursus Kue dan Masak
Jl KH Zainul Arifin No 37 A – Jakpus
Telp. 021-6322937 – 6323089

Lucy Baking Course
Perumahan Metro Sunter
Jl Metro Kencana III Blok N No 3 Jakut
Telp: 021 - 6504291

Bogasari Baking Center Titan
·         Jl RS Fatmawati No 22 Cilandak Barat – Jaksel
Telp: 021 – 7692329
·         Kelapa Gading Square Blok B17
Mall of Indonesia Jakut
Telp: 021- 45869850

No comments:

Post a Comment

Labels